Monday, November 7, 2016

Inspirasi 60 Tahun Astra, Sejahtera Bersama Bangsa

Inspirasi 60 Tahun Astra, Sejahtera Bersama Bangsa - Tentu pembaca yang tinggal di Indonesia (kalau-kalau ada pembaca saya yang tinggal di luar negeri) pernah dengar merek-merek ternama seperti Honda, Toyota, dan United Tractors, kan? Saya yakin, pernah. Tiga merek tersebut rupanya punya hubungan yang sangat erat, mereka adalah sedikit dari beberapa merek yang dibawahi oleh perusahaan Astra International. Saya baru menyadari ternyata, produk dan layanan Astra International ada di sekitar kita lebih banyak dari yang saya pikirkan sebelumnya. Mungkin ada baiknya untuk kita mengenal Astra International lebih dulu.

Baca Juga: Menginspirasi dan Bersinergi Membangun Kepercayaan
Inspirasi 60 Tahun Astra, SATU Indonesia
Inspirasi 60 Tahun Astra, SATU Indonesia Sumber: Laporan Tahunan CSR 2010

Inspirasi 60 Tahun Astra, Mengenal Astra International

Sebagai Inspirasi 60 Tahun Astra, kita paling tidak harus mengenal perusahaan ini terlebih dahulu sebelum mengetahui jauh lebih banyak tentang apa yang telah dilakukan perusahaan raksasa ini bagi kesejahteraan Indonesia.

Dimulai dari tahun 1957, Astra International memulai usaha sebagai perusahaan dagang hingga pada tahun 1969, Astra menjadi distributor kendaraan Toyota di Indonesia. Keberhasilan ini disusul dengan ditunjuknya Astra sebagai distributor tunggal sepeda motor Honda dan mesin perkantoran Xerox di Indonesia pada tahun berikutnya. Tidak hanya sampai di situ, keberhasilan lainnya menyusul di tahun-tahun berikutnya. Dari United Tractors, BMW, jasa keuangan, hingga Pelabuhan Eastkal di Penajam, Kalimantan Timur berjalan di bawah perusahaan Astra international. Luar biasa, bukan? Hal ini tentu saja selain karena faktor keberhasilan strategi perusahaan juga didukung oleh kemampuan dan kompetensi sumber daya manusia yang dengan setia mengabdi di dalamnya.
Inspirasi 60 Tahun Astra, SATU Indonesia
Inspirasi 60 Tahun Astra, SATU Indonesia
Sumber: Laporan Tahunan CSR 2015

Nah, pembaca sekalian! Perusahaan dengan moto Per Aspera Ad Astra, yang bermakna 'Berjuang dan menembus segala tantangan untuk mencapai bintang' ini telah memiliki sumbangsih yang amat besar bagi roda perekonomian Indonesia. Juga selaras dengan nilai-nilai yang diwarisi oleh pendiri perusahaan, Astra International senantiasa mengedepankan pentingnya keseimbangan kontribusi sosial dalam menjalankan bisnis, dengan berpedoman pada Public Contribution Roadmap dengan memerhatikan empat hal, yaitu lingkungan hidup, ketenagakerjaan, kesehatan dan keselamatan kerja, pengembangan sosial dan kemasyarakatan, dan tanggung jawab produk/layanan.

Komitmen Astra dalam pelaksanaan tanggung jawab sosial adalah memberikan kontribusi nilai tambah yang optimal dan berimbang bagi komunitas sekitar dimanapun Astra berada. Agar kita bisa lebih mengenal Astra International, berikut ini saya berikan beberapa contoh kegiatan CSR yang telah dilakukan oleh perusahaan Astra International.

Inspirasi 60 Tahun Astra Bidang Lingkungan Hidup

Sejak 2014, Astra International telah menerapkan kebijakan 1) penerapan Astra Green Company minimal BIRU (comply regulation) untuk seluruh anak perusahaan, 2) efisiensi sumber daya alam minimal sebesar 5% per satuan produk dibandingkan tahun 2013, melalui penerapan program cleaner production dan menggunakan renewable energy, 3) melaksanakan efisiensi energi dan menurunkan Gas Rumah Kaca (GRK) 2%, dan 4) Mengupayakan pemenuhan regulasi PROPER melalui "Road To be Green PROPER".

Dalam Inspirasi 60 Tahun Astra bidang lingkungan hidup, Astra memiliki program ASTRA Forest, program 200 hektare kawasan hutan terpadu sebagai tempat pembelajaran tentang kehutanan, keanekaragaman hayati, serta pendidikan lingkungan tentang hutan tropis Indonesia. Kegiatan yang dilakukan antara lain penanaman pohon kembali pohon dan hutan bakau di wilayah Indonesia.
1000 Pohon Untuk Hutan Puakan, Bali
1000 Pohon Untuk Hutan Puakan, Bali
Sumber: satu-indonesia
Selain itu, terdapat program Astra Green Lifestyle (AGL) yang dilaksanakan di beberapa kota besar untuk mengkampanyekan gaya hidup ramah lingkungan. Hal ini tentu saja patut dicontoh dan diapresiasi oleh masyarakat sebagai perusahaan yang tidak serta merta mengambil keuntungan dari alam, tapi juga berusaha memberikan kebermanfaatan bagi alam.
Inspirasi 60 Tahun Astra Bidang Lingkungan Hidup
Inspirasi 60 Tahun Astra Bidang Lingkungan Hidup
Sumber: Laporan Tahunan 2015 CSR Astra International


Inspirasi 60 Tahun Astra Bidang Ketenagakerjaan, Kesehatan, dan Keselamatan Kerja

Hebatnya lagi, dibanding beberapa perusahaan yang memiliki manajemen ketenagakerjaan buruk, Astra International memastikan bahwa setiap pegawai diperlakukan dengan adil tanpa adanya diskriminasi, perusahaan yang memiliki cita-cita sejahtera bersama bangsa ini juga memiliki komitmen kuat untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas pekerjanya dengan melaksanakan program pelatihan dan pengembangan. Untuk kesehatan dan keselamatan kerja, Astra merumuskan pedoman kerja yang mengatur tentang peningkatan kepedulian dan kompetensi K3 dari seluruh karyawan dengan adanya safety talk yang rutin dilakukan.

Sebuah perusahaan tentu harus sadar bahwa sebuah perusahaan akan mampu bergerak dengan baik bila tenaga kerja/pekerjanya memiliki rasa jaminan kenyaman dan kepuasan bagi diri sendiri sehingga mampu bekerja dengan baik.

Inspirasi 60 Tahun Astra Bidang Pengembangan Sosial dan Kemasyarakatan

Beberapa kegiatan Corporate Social Responsibility yang dilakukan oleh Astra International dalam bidang pendidikan dilakukan dengan beragam cara. Mendirikan rumah pintar sebanyak 20 unit bertujuan menyediakan sarana pendidikan bagi masyarakat dari usia dini hingga usia lanjut. Selain itu, bersama Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPA-MDR), Astra melakukan pembinaan ke 50 sekolah di daerah prasejahtera di beberapa propinsi di Indonesia. Ada pula pemberian beasiswa dan fasilitas pendidikan bagi siswa sekolah dasar hingga perguruan tinggi melalui Yayasan Toyota Astra dan menyelenggarakan pendidikan bidang teknologi melalui Yayasan Astra Bina Ilmu.

Sebagaimana kita ketahui, pendidikan adalah hal terpenting yang harus didapatkan oleh setiap warga negara Indonesia untuk mencetak masa depan yang cemerlang sehingga mampu meingkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia. Dengan berkontribusi dalam memberikan fasilitas pendidikan, Astra telah ikut berperan serta dalam memajukan kualitas penerus bangsa Indonesia.
Rumah Pintar Astra International
Rumah Pintar Astra International
Sumber: satu-indonesia
Selain pendidikan, bidang lain yang menjadi target CSR Astra international adalah bidang kesehatan. Mobil Kesehatan Astra (MOKESA) beroperasi di wilayah Jabodetabek untuk melayani secara gratis pemeriksaan kesehatan dasar, darah, dan gigi. Pembinaan 905 Posyandu berbasis teknologi informasi (IT) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Hingga akhir 2014, lebih dari 4.005 entri #generAKSISEHATIndonesia mewakili pemberian 4.005 kacamata untuk anak Indonesia.

Pemberdayaan masyarakat di sekitar lokasi perusahaan dilakukan untuk menumbuhkan usaha-usaha produktif di masyarakat, Astra menyelenggarakan beberapa program Income Generating Activities (IGA) dengan pemberdayaan usaha kecil mikro menengah (UMKM), dan memulai program bank sampah.
Inspirasi 60 Tahun Astra Bidang Kemasyarakatan
Inspirasi 60 Tahun Astra Bidang Kemasyarakatan
Sumber: Laporan Tahunan 2015 CSR Astra International

Inspirasi 60 Tahun Astra Bidang Tanggung Jawab Produk/Layanan

Astra International melaksanakan Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas sebagai rasa tanggung jawab sosial perusahaan sebagai salah satu produsen otomotif terbesar di Indonesia.

Dari semua kegiatan Corporate Social Responsibility yang dilakukan Astra bagi Indonesia, maka Inspirasi 60 Tahun Astra telah menyumbangkan sejumlah Rp529 Miliar bagi kesejahteraan Indonesia dan akan terus bertambah. Angka yang sangat fantastis. Bayangkan jika semua perusahaan yang ada di Indonesia mampu menyisihkan sebagian pundi-pundi laba yang mereka miliki untuk kesejahteraan Indonesia dengan target dan tujuan yang tepat guna dan tepat sasaran, maka Indonesia sejahtera bukan lagi sebuah impian belaka.

Maka, sudah sepatutnya, setiap perusahaan menjalankan program CSR-nya dengan sebaik mungkin seperti yang dijalankan oleh Astra International hingga saat ini. Ingin sejahtera? Mari, menjadi bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat! Menjadi sejahtera bersama bangsa!

___
Artikel ini diikutsertakan dalam Anugerah Pewarta Astra. Sumber informasi, foto, dan grafik dalam artikel ini adalah website resmi Astra, satu-indonesia, dan laporan tahunan 2015 Astra.

30 comments:

  1. Senang sekali setelah tahu bahwa Astra ternyata juga memperhatikan lingkungan hidup :) Inspirasi 60 Tahun Astra Bidang Lingkungan Hidup :) 2 Jempol Untuk Astra International :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar. Jadi merasa tidak sia-sia menggunakan produk Astra selama ini, kan?

      Delete
  2. Replies
    1. Keren dan memberi inspirasi. Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :)

      Delete
  3. Apa yang telah dilakukan Astra adalah kontribusi besar bagi bangsa dan negara. mbak. Sukses buat ngontesnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba Yuni, Astra membuktikan bahwa mereka benar-benar ingin sejahtera bersama bangsa Indonesia (rakyat2nya) dan terima kasih untuk semangat dan kunjungannya :)

      Delete
  4. Distribusi CSR Astra kurang tersosialisasi ke masyarakat, makanya artikel ini ditulis.
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Sayang sekali kan kalau informasi sebaik ini tidak diberitakan, sementara Astra selalu konsisten dengan program CSR-nya :)

      Delete
  5. Kalau perusahaan2 besar di Lampung kompak membantu pemerintah dan masyarakat Lampung melalui program CSRnya, mantab juga kali ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Bang. Seandainya semua perusahaan di Lampung bisa membantu masyrakat sekitar dengan program CSR seperti yang dilakukan Astra, pasti masyarakat Lampung jadi luar biasa :D

      Delete
  6. keren banget astra ada acara 1000 pohonnya juga.. saya dukung! 💙💙💙

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cinta bumi ya Mar 💙 *kopi iconnya*

      Delete
    2. iya... besok2 semoga ada acara pelepasan penyu 💙💙

      Delete
    3. Terus pengembangbiakan orang utan ya Mar, yang unyu-unyu kayak Agassi itu biar populasinya tambah banyak

      Delete
  7. Wow... Keren juga, ternyata motor saya juga dari Astra :))

    ReplyDelete
  8. Baru tahu jika Astra sudah berumur 60 th. Dan baru tahu juga jika Astra telah menginspirasi Indonesia..
    Sukses ngontesnya ya mbak
    Salam kenal ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih dukungan dan kunjungannya. Ikutan ngontes yuk, wartakan kegiatan positif Astra ini sama-sama :D

      Delete
  9. Astra Indonesia Memang top, sudah lebih dari 6 tahun saya selalu menggunakan produk asli Astra untuk motor saya ... Ga nyangka kalau sebagian pendapatan Astra disumbangkan untuk kesejahteraan di berbagai bidang... Patut di tiru oleh perusahaan lainnya di Indonesia nih :) Selamat Ulang Tahun Astra

    ReplyDelete
  10. Semoga makin banyak Perusahaan di Indonesia yang mau terinspirasi dan memberikan sumbangsihnya untuk kesejahteraan bangsa ini, seperti layaknya Astra

    ReplyDelete
  11. ternyata banyak yang dilakukan untuk mengispirasi oleh 60 Tahun Astra di Indonesia

    ReplyDelete
  12. Wah,nampaknya astra sangat peduli dengan konsumennya..

    ReplyDelete
  13. Keren banget ya Astra, semoga menang ya, artikelnya lengkap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, betul Bu Naqi. Jadi ingin bermanfaat bagi orang lain juga. Hehehehe. Terima kasih Bu sudah berkunjung.

      Delete
  14. Replies
    1. Iyakah Mba? Wah senangnya :D terima kasih sudah mampir :)

      Delete

Komentar yang baik adalah komentar yang menggunakan bahasa yang baik pula :)